GAMES-SUKI.COM
Situs Berita Game Terbaik

Cara Agar Main Black Desert Mobile di HP Kentang Lancar

0 136

games-suki.com – Mimpi menjadi sebuah kenyataan, mungkin adalah kata yang tepat untuk menggambarkan para gamer yang menjadikan smartphone sebagai perangkat gaming utama ketika bisa memainkan Black Desert Mobile. Game tersebut kini sudah resmi dirilis secara global dan bisa dimainkan oleh gamer di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sayangnya, meskipun sudah dirilis di mobile. Tetap saja, Black Desert Mobile hadir dengan kualitas grafis yang luar biasa. Bisa dibilang, grafis yang ditawarkan benar-benar di atas rata-rata game mobile pada umumnya. Maka dari itu, gamer yang smartphonenya tidak mumpuni, pasti mengalami performa yang buruk ketika memainkannya.

Pada artikel ini, kru KotGa akan memberitahukan beberapa tips jitu nih, untuk kamu yang memiliki smartphone dengan spesifikasi kentang atau pas-pasan, agar setidaknya lebih lancar memainkan Black Desert Mobile. Apa saja? Yuk segera simak artikelnya!

1. Pakai Game Booster

Cara yang terbilang simple, namun cukup ampuh. Dulu, cara ini dipakai di PC berbasis Windows untuk memainkan game. Gunanya? Untuk menghentikan aplikasi background dan menghemat penggunaan RAM. Penggunaan game booster di Android juga akan mematikan sementara notifikasi yang mengganggu. Game Booster juga mampu memfokuskan internet ke game yang sedang dimainkan.

Bagi kamu pengguna Xiaomi dengan MIUI 9 keatas, sudah ada fitur Game Booster bawaan. Bagi pengguna ASUS dan juga Samsung juga memiliki game booster bawaan. Sementara selain pengguna ketiga smartphone tersebut, bisa mencarinya aplikasi Game Booster di Google Play. Salah satu aplikasi Game Booster yang Kru KotGa rekomendasikan adalah Swift Gamer.

2. Utak-atik Developer option

Bagi kamu pengguna Android pastinya sudah paham apa itu Developer option dan cara memunculkannya. Ketika sudah berhasil membukanya, kru KotGa menyarankan kamu untuk mencari opsi Force 4x MSAA. Jika sudah, kamu bisa restart smartphone dan mainkan game seperti biasa. Perlu menjadi catatan, jika menghidupkan opsi tersebut, baterai smartphone kamu akan terkuras lebih cepat karena kinerja GPU akan lebih keras dari biasanya.

3. Minimkan Settingan Grafis

Ini adalah cara klasik untuk memainkan game berat apapun. Pada settingan grafis Black Desert Mobile, kamu bisa secara cepat memiliki settingan performa untuk mendapatkan framerate yang lebih baik. Berbagai efek hingga resolusi dan tekstur akan memiliki kualitas low dan framerate hanya terbatas sampai 20 saja. Settingan ini tidak memikat dan bisa kamu atur sesuka hati tergantung kenyamanan bermain. Yang kru KotGa sayangkan, framerate 60 FPS saat ini masih belum dibuka.

4. Factory reset, install Black Desert Mobile

Ya, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Black Desert Mobile memiliki ukuran file yang cukup merepotkan dan bisa membengkak hingga hampir 4GB. Sebuah angka yang sangat besar untuk sebuah smartphone low-end yang rata-rata hanya memiliki memori internal 16GB atau bahkan 8GB, padahal jika dipikir-pikir prosesor dan GPU yang dimiliki cukup kuat untuk memainkannya.

Maka dari itu, kru KotGa merekomendasikan kamu untuk melakukan Factory reset untuk mengosongkan semuanya, termasuk file-file foto/video dan terutama data hingga cache aplikasi yang membengkak. Ketika selesai Factory reset, utamakan install Black Desert Mobile terlebih dahulu, setelah itu baru silahkan install aplikasi lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

5. Gunakan Custom ROM

Salah satu cara ampuh mengkostumisasi Android agar lebih lancar memainkan game salah satunya dengan menggunakan Custom ROM. ROM pada Android biasanya berisi sistem operasi dan beberapa fitur tambahan yang diberikan oleh vendor, namun sayangnya tak semua fitur tersebut dipakai oleh pengguna Android yang justru malah membuat performa Android semakin lama semakin menurun. Dengan memakai Custom ROM yang kebanyakan berbasis AOSP atau Android original bisa meningkatkan performa Android dan menghapuskan berbagi fitur hingga aplikasi yang tidak penting.

Hanya saja, cara ini hanya bisa dilakukan oleh gamer yang sudah paham betul bagaimana mengoprek Android dan tidak dianjurkan untuk para awam, karena akan berdampak beberapa resiko mulai dari dari softbrick (bootloop) atau apesnya bisa kena hardbrick (mati total). Jadi, pikir-pikir lagi ya.

Nah, itulah tips ampuh lancar main ‘Black Desert Mobile’ di HP kentang. Meski efek yang didapat tidak sesignifikan jika mengganti smartphone baru, setidaknya kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Jika kamu memiliki tips tambahan, jangan ragu untuk menyebutkannya di kolom komentar ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.